Ikhtiarku untuk sebuah Peradaban

ADA KEAJAIBAN DI KELURAHAN WR

Oleh Erpin Leader · Terakhir disunting sekitar satu jam yang lalu · Sunting Dokumen · Hapus
Sahabat-sahabat terbaikku. Kelurahan ini begitu indah dengan pemandangannya yang mempesona. Dan di balik keindahan itu ada keajaiban di setiap sudutnya, jika kita berpikir.
Coba perhatikan dengan seksama.
Di sekeliling Aula (tempat pertemuan seluruh warga), terdapat:

Telaga Cinta (buka hari Ahad)
Wargaku yang kucintai seluas langit sepenuh bumi.
Di sinilah semuanya berawal. Memahami hakikat cinta kita pada-Nya dan cinta pada sesama. Cinta-Nya yang menyatukan kita. Cinta itu pula yang mengilhami pendirian kelurahan ini.
Di telaga inilah risalah hati coba kita pahami. Berbagi sekelumit cerita yang terpaut dengan iradat cinta-Nya yang hakiki.

Istana Ilmu Cerpen (buka hari Senin)
Hambar rasanya, jika kita melakukan sesuatu tanpa ilmunya. Dan merugi kiranya, jika kita memiliki ilmu, tapi tidak mempraktekkannya. Yah, ilmu dan aktualisasinya. Karena kita berada di kelurahan menulis, maka kita butuh ilmu menulis.
Di istana inilah kepenulisan cerpen akan kita bahas. Di sini pula cerpen-cerpen akan kita bedah bersama.

Rumah Motivasi (buka hari Selasa)
Bagi seorang pemimpi seperti kita, tidak ada kata menyerah. Kita semua meyakini bahwa, sebaik-baik pengelana, adalah mereka yang selalu berhasil bangkit setiap kali jatuh. Meski pun langkah kadang gontai dan tertatih, itu hanya sesaat.
Tapi ingat kawan. Untuk mencapai suatu tujuan, kita memerlukan motivasi. Karena tidak selamanya kaki ini tegak berdiri di atas pijakan sendiri. Saat kita terjatuh oleh kerikil kecil. kita butuh motivasi, sebagai mesin penggerak semangat kita. Dan di sinilah semangat itu ditempa dan dinyalakan.

Sanggar Puisi dan Imaji (buka hari Rabu)
Sekarang saatnya Imajinasi membuncah menerawang jauh tak terbatas. Mengiringi nalar kita mencipta puisi-puisi indah, peneduh jiwa para pengelana.
Sahabatku, jika saja kita bisa pahami arti imaji untuk hidup ini. Sungguh di setiap jejak kita, mengasilkan buah karya yang menginspirasi. Dan untuk itulah sanggar ini ada. Semoga kita bisa menemukan keajaiban di dalamnya.
Di sanggar inilah ilmu kepenulisan puisi akan kita bahas. Dan di sini pula Puisi-puisi warga akan kita "kuliti".

Pondok Religi (buka hari Kamis)
Salah satu unsur yang kadang terabaikan dalam semangat juang. Adalah Nilai-nilai ke-Tuhanan.
Sungguh naif, jika sebuah komunitas "kering kerontang" dari nilai-nilai spiritual. Yang pada akhirnya dalam setiap gerak kita, lupa akan keagungan maha pencipta. Dan untuk itulah pondok ini ada di tengah-tengah kita. Berharap, ribuan malaikat turut bersama kita ketika pondok ini kita buka.

Warung KOPI (buka hari Jum'at)
Realitas kehidupan, adalah kejadian-kejadian yang patut untuk kita diskusikan. Zaman berkembang, khasanah berpikir kita juga makin maju. Setiap generasi, memiliki cara pandang berbeda dalam menyikapi permasalahan. Kehidupan sosial, dinamika kepemimpian, dan perkembangan dunia pendidikan. Adalah fenomena yang memerlukan keterlibatan semua pihak. Termasuk kita yang hari ini mengaku, bahwa kita adalah bagian dari proses perbaikan peradaban. Dan untuk itulah warung ini ada. Sebagai sarana bagi warga Aula untuk berdiskusi, mengemukakan pendapat.
Di warkop inilah, sumber ide/gagasan/opini yang akan kita tuangkan dalam artikel. Di sini pula artikel-artikel warga WR akan kita "operasi".

Kedai Canda (buka hari Sabtu)
Eits! Yang ini ga kalah pentingnya loh!!
Inilah ending perjalanan kita selama sepekan. Bergelut dengan suguhan ilmu menulis, dan lainnya. Saatnya bercanda ria!!
Tertawalah sebelum tertawa itu dilarang. Hehehe. Ciluk Baa!!
Biar ga pada stress... di kelurahan juga ada kedai khusus untuk canda.

Apartemen Antologi dan Lomba
Inilah rumah produksi kita. Agar perjalanan kita selama tujuh hari dari Cinta ke Canda (C to C), tidak sia-sia. Maka sangatlah baik, jika pengembaraan itu menghasilkan sesuatu.
Di Apartemen inilah kegiatan lomba dan proses pembuatan Antologi kita keroyok bersama.
Akan ada lomba FF Award, Puisi Award, Cerpen Award, dll. Jika memungkinkan, maka karya-karya itu akan kita bukukan. Target setiap semester: Kita bisa produksi satu buku antologi setiap semester. Entah itu Cerpen, Puisi, maupun FF.
Di apartemen inilah Nyi Penengah Dewanti, Va Avayana Lubis, dan Zahar Putri bekerja keras. Tentunya semua warga juga bantu.

catatan:
Mutilasi Puisi, Bedah Cerpen dan Operasi Artikel. Masing-masing dilaksanakan hanya sekali dalam dua pekan. Pada jam yang sama; (20:00-22:00) WIB. Karena jadwal mulai terhitung pada tanggal 1 Oktober, maka bedah, mutilasi dan operasi mulai berjalan minggu kedua bulan Oktober.
Sanggar:
Pekan pertama: bercanda dalam imaji yang suguhkan oleh Aoi Azzahra. Pekan kedua: bedah puisi bersama Seniman Kamar, Rangga Effarasti dan dua orang "guru besar" puisi.
Istana:
Pekan pertama: diskusi bebas tentang cerpen, sajian cerita bersambung, cerita estafet oleh Dhoiffu dkk. Pekan kedua: Bedah cerpen oleh Hyylla Shane, El Eyra dan dua orang "guru besar" Cerpen.
Warung:
Pekan pertama: Diskusi bebas dengan tema Kepemimpan, sosial dan pendidikan. Pekan kedua: Operasi artikel, mulai dari penulisannya hingga isi.

Selamat menikmati keindahan kelurahan WR. Temukan keajaibannya. Diawali dengan Cinta, diakhiri dengan Canda. Jika agenda dan tujuan kita sudah jelas,aka yang perlu kita lakukan adalah berkomitment untuk meraih apa yang kita impikan.  Selalu ada jalan jika kita yakin. Selalu ada kemudahan, bila kita beranjak dari niat untuk kebaikan.

Salam,
Lurah Kelurahan WR
Erpin Leader
cc:Pimpinan tertinggi (Direktur) WR
Joni Lis Effendi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar